Rabu, 14 Desember 2011

Colour Theory and Colour System

Colour Theory

Perkenalkan nama saya kevin, berhubung saya mahasiswa dari Universitas Multimedia Nusantara
(UMN), saya mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual di UMN.
kuliah desain itu memang menyenangkan. Saya baru memulai perkulihan pada tanggal 19 Sept 2011
dan pada tanggal 20 sept 2011 saya mendapatkan pemahaman warna dan sejarah warna oleh dosen saya
yaitu Santo Tjhin.


Pendahuluan

Pada tahun 1450 Johannes Gutenberg menemukan alat cetak (Mass Production) atau di temukannya alat cetak.
Mass Production adalah produksi masal.

Above the line (ATL)
- Target audiens yang luas.
- Lebih untuk menjelaskan sebuah konsep atau ide. Tidak ada interaksi langsung dengan audiens.
- Media yang digunakan TV, Radio, Majalah, koran, billboard.

Below the line (BTL)
- Target audiens terbatas
- Media atau kegiatannya memberikan audiens kesempatan untuk merasakan, menyentuh atau berinteraksi, bahkan langsung action membeli.
- Media yang digunakan Event, Sponsorship, Sampling, Point-of-Sale (POS) materials, Consumer promotion, Trade promotion, dll.

Pemahaman Warna (Warna membuat sesuatu lebih hidup) :
1. Mengerti akan warna
2. Warna memiliki kekuatan
3. Sulit di tebak - monitor
4. Desain harus belajar membuat keseimbangan dari variabel, pencampuran, dan perpaduan warna.

Meaning of Color

Warna terjadi karena cahaya, cahaya - gelombang elektromagnetik memancar ke segala arah dalam kecepatan
hampa udara -186.000 mil/detik.

Warna yang digunakan secara artistik sebagai alat expresi manusia dari jaman sejarah, pra-sejarah, dan sampai
modern

Pada zaman pra-sejarah manusia sudah mengexpresikan dengan melukis di gua dengan buah-buahan, darah binatang dll.
Pelukis menemukan di Lascaux dan Altamira Prancis Selatan dan Spanyol.



Perkembangan


Pada zaman mesir kuno, kalden, yunani, seni diciptakan untuk agama. Seperti Piramida, Ziggurat, Spinx
Renaisans tujuan seni dan budaya bersifat humanis.
Pada abad ke 15 penggunanan cat minyak dari tumbuh-tumbuhan.
Pada abad ke 19 Wiliam Tumner - Inggris perintis pigmen warna biru, kuning, dan merah.
Pada tahun 1882 Monet, Renoir, Sisley, dan bazille bertemu di paris memberontak akademi akan tradisi klasiknya,
ide barunya adalah tentang warna. Clude monet membuat lukisan dari objek dengan waktu yang berlainan dalam 1 hari,
sehingga menunjukkan perubahan warna.Lalu juga pada tahun 1882 seniman Monet, Renoir, Sisley, dan Bazille tidak sengaja bertemu di sebuah akademi. Lalu mereka berdiskusi dan membuat ide baru tentang warna.

Perkembangan Warna

Vincent Van Gogh zamam postimpresionisme mengunakan warna untuk berexpresi.
Warna Vincent Van Gogh (VVG) sangat terasa keras dan kasar. Selain VVG, Paul Ganguin menggunakan warna cermelang.
Keduanya disebut pelopor gerakan baru Expresionis

Gerakan Expresionis di lakukan oleh Paul Cezane dengan meperkasar sapuan kuas, membuat datar dua dimensi serta
membiarkan warna sebagai perspektif - kesan mekanik.

Cikal bakal kubisme pada abad ke 20

Kubisme - Picaso, Braque, Juan Gris sedikit perhatian terhadap warna untuk berexpresi.
Volume dalam bentuk, gradiasi dan nada warna. Delavney, warna sebagai alat expresi yang perlu digunakan secara konsekuen
dan serius. Vasarely dan Frank Stella lukisan yang menggetarkan dinding, gerakan optik dan kinetik. Vasarely berasal dari
bauhaus budapest, hongaria.

Color Theory PART II


Gerakan Bauhaus terkenal konsep fungsionalnya yang mencetuskan konsep-konsep seni terapan atau desain.

Perkembangan warna untuk seni rupa
- Seniman menggunakan warna sebagai naluri keindahan atau tujuan simbolis tertentu.
- Jaman yunani kuno, Pythagoras, Plato Aristoteles ada 2 golongan gelap dan terang.
- Leonardo Da vinci warna adalah putih, setuju kuning campur biru jadi hijau tidak ada patokan.
- 1680, Sir Isaac Newton mengeluarkan lingkaran warna.

Past and Present
- Warna pada masa lampau sebagai kaidah agama.
- Masa kini warna di percaya sebagai ungkapan atau luapan emosi pribadi.

Color In Context

- Tradisional color
   Sejarah seni rupa barat, simbol kekristenan banyak menggunakan warna.
   White (albus) festival natal dan paskah.
   Red (ruben) simbol dari darah martir.
   Green (viridis) kehidupan.
   Black penguburan, Good Friday.
- Tradisional Islam
   Warna di bayangkan dalam metapisis antara gelap terang, dua hal yang membentuk alam semesta, Memiliki
   angka tujuh sebagai pusat kontruksi. Warna white, black, sandalwood . White (matahari), Black (konsep
   ketuhanan, Sandalwood (natural netral), Hijau (mewakili air), Kuning (mewakili udara), Biru (mewakili
   bumi), Merah (mawakili api).

Warna dapat mepengaruhi emosi kita
Apakah warna terjadi secara alami sebagai hasil dari sebuah "Sign" ?
atau ada hubungan erat antara warna dengan mentalitas kita?
Dapatkah warna menstimulasi kita bukan hanya melalui asosiasi yang tepat, tetapi oleh suatu hal yang ditujukkan ke tubuh manusia atau otak kita.


Color Theory " What do you SEE" ?

Untuk dapat menggunakan warna secara efektif, kita perlu mengerti dan bagaimana cara kerja warna tersebut perlu mengerti dan bagaimana cara kerja warna tersebut.
Isaac Newton (1642-1727) tertarik akan teori cahaya dan warna.
Jaman itu warna di percaya campuran dari terang dan gelap. Merah (terang), biru hitam (gelap)
Newton hitam dan putih jadi abu-abu.
Akhir pada abad 17, banyak ilmian bereksperimen dengan prisama, secara garis besar prisama "mewakili" cahaya, sehingga dapat di hitung warna pelangi. Newton berasumsi bahwa cahaya terdiri dari partikel atau CORPUSCLES, pada tahun 1864, James Clerk Maxwell, menyatakan bahawa cahaya adalah elektromaknetik narutal yang merambat. Heinrich Hertz menemukan gelombang radio, Wilhelm Rontagen (1845-1923) menemukan sinar X Ray. Demikian para ilmuwan berevolusi bahwa cahaya ada yang tidak dapat terlihat dan dapat merambat.


The Trichormatic Theory

Awal abad 19 Thomas young (1773-1829) mendalikan bahwa mata haru berisi sel yang peka rangsangan yang tersusun dari partikel unsur/butir yang bergerak-gerak dengan panjang gelombang cahaya tertentu, Suatu jumlah partikel tanpa batas akan diperlukan untuk meliputi keseluruhan spektrum, tetapi ini dengan jelas mustahil, sehingga sel yang peka rangsangan sebagai gantinya adalah sensitif ke hanya suatu jumlah warna yang terbatas.
Semua warna yang bisa kita lihat terdiri dari kombinasi warna ini dimana teori Young Trichromatic mengindetifikasikan RED, YELLOW, BLUE. Warna BLUE terakhir dirubah menjadi GREEN, Teori ini dilanjutkan pengembanganya oleh ilmuwan jerman, Herman Van.

Warna Primer Red Yellow Blue.
Warna cahaya adalah warna adiktif yang digabungkan menghasilkan warna putih.
Warna Subtraktif jika digabungkan menghasilkan warna hitam.

Optikal ilusi akan terjadi bila kita menggunakan warna hitam dan putih secara bersamaan dan stimulan efek Mc Collough, menggunakan sistem vertikal dan horizontal gari hitam dan warna primer.
Michael Chevreul menjelaskan tentang ilusi optik yang lain, yaitu aftermaging. Dimana warna yang lebih tenang diletakan didalam warna yang lebih gelap efek yang terjadi disebut successive contrast.

Color System

Aristotle (384-322 B.C) dan di kembangkan oleh Leonardo da vinci (1452-1519) dan terus berkembang hingga abad ke 17.

Untuk membantu dan mengkombinasikan warna di ciptakan Pallets dan tabel warna.

Ketika newton berhasil mebengkokan spektrum yang tidak terlihat ke dalam lingkaran, Newton dapat mencatat campuran dua warna dari posisi yang terbalik, dalam lingkaran yang meproduksi warna netral.

Hampur semua roda warna menunjukkan hanaya warna murni, tetapi beberapa menambahkan variasi dengan kejenuhan dan keringanan berbada.

Di dalam perangkat lunak komputer grafis, suatu pemungut warna yang biasanya menunjukkan suatu spektrum roda / warna yang lurus dari terang ke gelap, dengan slider untuk melakukan penyesuain.

Banyak sistem warna mempunyai kaitan satu sama lain dengan berbagai penjelasan bagaimana cara menghasilkan warna spesifik. Tahun 952, Ilmuan Jerman ALFRED HICKETHEIR (1801-67) mengusulkan seribu warna yang berbeda dari warna tinta cetak.

Sistem yang baik ini, mencakup Trumacth dan Focoltone, menyediakan suatu palet warna yang dapat di reproduksi diatas printing manapun walapun hasil akan proses dan tinta yang di gunakan menyesuaikan diri ke prestasi tertentu.terimages negative.

Dari yang jaman yunani kuno hingga ke masa kini para ahli teori sudah mencari cara sedehana yang logis dalam spektrum warna. Bagaimana pun mewarnai merupakan persepsi seperti bisnis yang rumit. Hal ini seperti di pertunjukkan oleh bentuk tidak beraturan dari pohon Munsell, warna yang modern yang paling berhasil dalam model warna.

Lingkaran warna di produksi oleh teori lama yang  berdasarkan warna primer, warna yang typical digunakan dalam lingkaran warna adalah Red, Yellow, Blue warna lain tergantung dari campuran warna tersebut dan material yang digunakan. Lingkaran warna tidak bekerja sepenuhnya dalam campuran warna yang di buat, kunci hubungan keduanya adalah warna awal dan afterimage negative. Lingkaran warna sudah digunakan sejak jaman Renaissance, walaupun tidak sepenunya di mengerti, Albert Munsell mencoba mengimprovisasi hasil lingkaran warna dengan memberikan warna kelima yaitu Violet. Lingkaran proses menunjukan bagaimana Cyan, Magenta, Yellow berkombinasi. Lingkaran Light menunjukan akan campuran warna terang sehingga CMY sebagai warna kedua.